Sabtu, 07 Maret 2015

TUGAS PERINDO

1 1.    Tuliskan beberapa kebaikan dan keburukan system ekonomi liberal!
Jawab :
Sistem Ekonomi Liberal adalah suatu sistem ekonomi yang menghendaki kebebasan yang seluas-luasnhya bagi setiap individu untuk melalukan tindakan ekonomi tanpa campur tangan dari pemerintah.
Kebaikan sistem ekonomi liberal :
o   Dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas barang yang diproduksi.
o   Terdorong untuk mengejar kemakmuran bagi dirinya sendiri.
o   Setiap orang atau pengusaha termotivasi untuk mencari keuntungan.
o   Pemilihan sector usaha disesuaikan untuk kemampuan.
Keburukan sistem ekonomi liberal :
o   Menimbulkan persaingan yang tidak sehat.
o   Terdapat kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin.
o   Menimbulkan monopoli.
o   Terdapat eksploitasi SDM.
o   Pemanfaatan SDA sering tidak memperhatikan kelestarian lingkungan.

2 2.     Tuliskan beberapa kebaikan dan keburukan sistem ekonomi terpusat!
Jawab :
Sistem Ekonomi Terpusat adalah sistem ekonomi dimana pemerintah memegang peranan paling penting atau dominan dalam pengaturan kegiatan ekonomi.
            Kebaikan sistem ekonomi terpusat :
o   Pemerintah lebih mudah, pengangguran dan masalah ekonomi lainnya.
o   Pasar barang dalam negri berjalan lancer.
o   Pemerintah dapat turut campur dalam hal pembentukan harga.
o   Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan.
o   Jarang terjadi krisis ekonomi.
Keburukan sistem ekonomi terpusat :
o   Adanya pemasungan daya kreasi masyarakat sehingga hampir semua inisiatif, inovasi di prakarsai oleh pemerintah.
o   Adanya pasar gelap yang diakibatkan adanya pembatasan yang terlalu terlalu ketat oleh pemerintah.
o   Anggota masyarakat tidak dijamin untuk memilih dan menentukan jenis pekerjaan serta memilih barang konsumsi yang tidak dikhendaki.

3 3.    Ciri Negara-negara yang menganut sistem ekonomi :
a.       Liberal
b.      Terpusat
c.       Campuran
Jawab :
a.       Liberal
Ciri-ciri :
o   Masyarakat diberi kebebasan dalam memilih sumber-sumber produksi.
o   Pemerintah tidak ikut campur tangan secara langsung dalam kegiatan
ekonomi.
o   Masyarakat terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan pemilik sumber daya pemerintah dan masyarakat pekerja (buruh).
Negara-negara yang menganut sistem ekonomi liberal adalah Amerika serikat, argentina, boilvia, belgia dan irlandia.
b.      Terpusat
Ciri-ciri :
o   Seluruh sumber daya dikuasai oleh Negara.
o   Produksi dilakukan untuk kebutuhan masyarakat.
o   Kegiatan ekonomi direncanakan oleh Negara dan dan diatur oleh pemerintah secara terpusat.
Negara-negara yang menganut sistem ekonomi terpusat adalah Negara komunis (cina, korea utara, dan rusia).
c.       Campuran
Ciri-ciri :
o   Pemerintah aktif dalam kegiatan perekonomian.
o   Rencana kebijakan perekonomian ditetapkan oleh pemerintah yang berlaku bagi swasta.
o   Pemerintah mengadakan pengawasan dan bimbingan kepada swasta agar tujuan pemerintah tercapai.
Negara-negara yang menganut sistem ekonomi campuran adalah bekas Negara non-blok: Indonesia, Mesir dan Malaysia.

Sabtu, 24 Januari 2015

PENGANTAR BISNIS

“Peluang Bisnis 2015 Yang Akan Sangat Menguntungkan”

Inilah Peluang Usaha 2015 Yang Akan Sangat Menguntungkan
I. Peluang Bisnis 2015 Yang Akan Sangat Menguntungkan.
Tahun 2014 sudah beranjak melalui tanggal tahunnya dan tanpa bisa Anda kira dalam beberapa bulan ke depan tahun 2015 sudah di depan mata. Di tahun tersebut apakah potensi yang bisa Anda gali lebih jauh untuk menjadipeluang usaha 2015?
Dengan menembak dengan lebih tepat dan menemukan potensi dengan akurat, maka Anda bisa menemukan peluang usaha 2015 yang mampu menjanjikan hasil yang gemilang di tahun depan. Apalagi dengan situasi ekonomi di tahun 2015 pasca pemilihan presiden baru dengan segala ekspektasinya dan berlakunya sistem free trade area di kawasan Asia Pasifik.
Berlakunya sistem Free Trade Area menjadikan peta persaingan menjadi lebih mengglobal dan ini memaksa pelaku usaha untuk lebih siap dengan persenjataan, kreatifitas dan amunisi untuk bertahan dan bertarung dengan pesaing asing yang sudah bisa dipastikan akan menggempur pasar lokal.
Perlu Anda ingat Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia dan populasi yang tinggi selalu sama denga pasar yang besar. Kenyataan ini membuat Anda memiliki potensi lokal yang sangat besar dan sangat layak Anda gali namun juga harus berhadapan dengan persaingan super ketat antara pengusaha lokal dan pengusaha internasional yang bersaing menawarkan produk yang bahkan bisa jadi serupa.
Demi menyiapka amunisi ini tadi, Anda perlu membuka mata Anda sejauh mungkin untuk menemukan prospek-prospek yang sekilas tidak terlihat untuk menjadi peluang usaha 2015. Apa sajakah itu? Berikut ini bisa menjadi ide baru untuk Anda.

Bisnis produk natural dan tradisional       
Sebagai negara yang berhulu pada ketimuran yang kental dengan tradisi, Anda bisa menjalanka usaha dengan produk yang mengedepankan konsep natural, organik dan tradisional. Ide ini sangat cocok untuk mengincar pasar dari kalangan yang mulai tergugah dengan konsep alami dan sehat secara alami. Dengan ide serupa Anda juga bisa mengangkat produk yang kental dengan nuansa tradisional seperti batik, tenun atau anyamn tradisional. Trend ini sudah berjalan dalam beberapa tahun belakangan ini dan tampaknya justru di era free trade, konsep ini akan mampu bersaing dengan baik karena memiliki nilai diferensiasi yang khusus dibandingkan produk modern biasa.

Usaha Food Beverage          
Usaha yang berkutat dengan urusan perut satu ini memang rasanya tidak ada matinya. Anda bisa saja menawarkan produk standar dengan pengemasan yang berbeda dan lebih modern atau justru dengan berani menggubah jajanan atau penganan yang berbeda dengan tampilan dan rasa yang menimbulkan rasa penasaran. Perkembangan sistem franchise yang sudah demikian berkembang di Indonesia bisa menjadi support system untuk pengembangan usaha macam ini. Ide lain dalam poin ini dengan mencoba menemukan food heritage dari suatu daerah dan mengemasnya secara modern untuk masuk dalam pasar kelas menengah yang lebih matang.

Usaha Agro   
Siapa sangka di tengah persaingan ketat skala global justru kembali pada bisnis premier macam bisnis agro akan menjadi peluang usaha 2015 yang potensial Anda kembangkan. Anda bisa menggali potensi permintaan kayu keras macam jati atau jabon, produk buah-buah unggul, bahan baku bio energi atau bahan baku pembuatan kertas dan kain, Saat ini permintaan produk-produk agro tadi sangat tinggi di pasar Internasional dan belum mampu dipenuhi oleh suplai yang ada.

Usaha industry kreatif         
Kreatifitas selalu memiliki nilai ekonomi yang kadang bisa dengan menakjubkan memberi potensi di luar batas. Bisa Anda bayangkan harga sebuah ukiran patung kayu karya pemahat Bali dari sebongkah kayu bekas tanpa harga bisa mencapai puluhan juta. Masih banyak lagi ide brilian dari kreatifitas yang bisa Anda kembangkan termasuk dunia industry fashion, musik, kerajinan tangan, interior desain, penulisan fiksi dan sebagainya.

Usaha jasa terkait dengan dunia publisher           
Siapa sangka Indonesia ternyata cukup terkenal dengan para pakar dunia publisher. Banyak negara seperti Malaysia, Thailand atau Brunei yang justru menggunakan jasa penyedia jasa Indonesia dalam dunia publisher untuk kebutuhan publishing mereka seperti pembuatan website, content writer, web desain, CEO ekspert dan sebagainya. Yang menarik dengan maraknya perkembangan dunia publisher sekarang ini, harga jasa macam ini di dunia internasional cukup memikat untuk menebalkan kantong.

II.  Tantangan Yang Akan Di Hadapi Indonesia Di Tahun 2015
Tantangan yang perlu di evaluasi yakni lemahnya infrastruktur, khususnya bidang transportasi dan energi yang menyebabkan biaya ekonomi tinggi, terutama juga bagi sektor produksi dan bagi pasar. Kami juga melihat, pelaku usaha Indonesia juga inward-looking yakni besarnya pasar domestik mendorong pelaku usaha memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pasar domestik. Selain itu terbatasnya jumlah SDM yang kompeten untuk mendukung produktivitas nasioanl dan birokrasi yang belum efisien serta belum sepenuhnya berpihak pada pebisnis juga merupakan tantangan tersendiri.

Sumber : http://siapbisnis.net/inilah-peluang-usaha-2015-yang-akan-sangat-menguntungkan/



Rabu, 07 Januari 2015

TUGAS MAKALAH MANAJEMEN (@AMERICA)

TUGAS MAKALAH MANAJEMEN

BAB 1
PENDAHULUAN

@america adalah pusat kebudayaan America berteknologi tinggi yang pertama di dunia. @america berlokasi di pusat Central Business Districrt Sudirman di lantai 3 Pasific Place Mall. Untuk  memasuki gedung Pasific Place pengamanannya cukup di bilang ketat, karena kami harus melewati mesin detector dan tas kami pun ikut melewati mesin derector itu. Petugasnya pun sangat ramah kepada semua pengunjung yang dating. Di @america kita dapat bertanya jawab tentang America kepada e-guide yang sarat pengetahuan. Dan di tempat @america terdapat gambar-gambar bagus yang menarik untuk di lihat pengunjung. @america juga menawarkan serangkaian fasilitas termasuk Desk dan sebuah  Membership Counter.

1.2  RUMUSAN MAKALAH
Berdasarkan uraian di atas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Awal berdirinya @america ?
2.      Apa tujuan @america didirikan
3.      Fitur dan Fasilitas @america
4.      Apa peran bagi masyarakat yang berkunjung ketempat tersebut?
5.      Apa yang kalian dapat setelah berkunjung ketempat tersebut?
6.      Apa yang kalian lakukan untuk memajukan Universitas Gunadarma?

1.3  TUJUAN PEMBAHASAN
Di harapkan mahasiswa/I setelah berkunjung ke tempat tersebut dapat mengerti tentang amerika agar dapat menambah wawasan untuk mahasiswa/i setelah berkunjung ke tempat @america.


 BAB 2
PEMBAHASAN

2.1 AWAL BERDIRINYA @AMERICA
@america adalah pusat kebudayaan Amerika Serikat yang terletak di lantai 3 Pacific Place, SCBD, Jakarta. @america resmi didirikan pada Desember 2010 dengan tujuan mengenalkan Amerika Serikat melalui diskusi, pertunjukan budaya, debat, kompetisi, dan pameran. At America atau disebut dengan @america adalah pusat untuk mejelajahi dan mengeksplorasi Amerika Serikat (AS) serta mengungkapan pikiran dan gagasan tentang AS secara muktahir. Berlokasi di pusat Central Business District sudirman lantai 3 Pasific Place Mall. Buka 7 hari seminggu 13.00 WIB 21.00 WIB tidak di pungut biaya.

2.2 APA TUJUAN @AMERICA DIDIRIKAN
Tujuannya adalah untuk berkolaborasi dengan masyarakat Indonesia. Khususnya kaum muda dalam menciptakan dialog mengenai isu-isu yang penting bagi orang amerika dan Indonesia untuk mencapai tujuan ini. @america bekerja sama dengan individu-individu atau organisasi untuk membuat acarabersama-sama. @america menerima ide-ide program dan membuka kesempatan untuk bekerjasama dengan anda untuk menyelenggarakan berbagai acara dan program untuk membantu mencapai tujuan kami.

2.3 FITUR DAN FASILITAS @AMERICA
@america menawarkan kepada pengunjung berbagai bantuan untuk memperkaya kunjungannya, mulai dari platform multimedia hingga program tematik, serta para e-guide @america yang sarat dengan pengetahuan, termasuk di dalamnya information Desk dan sebuah Membership Counter. Selain itu, dengan serangkaian media yang interatif, @america memungkinkan pengunjung untuk mempelajari AS secara mendalam. Sebagai tambahan, para pengunjung dapat mengakses koleksi survei, kuis, permainan puzzle, dan prta dunia digital dengan google earth yang menggunakan layar besar melalui teknologi muktahir.

2.4 PERAN BAGI MASYARAKAT
@america mempunyai peranan yang cukup membantu bagi masyarakat khususnya kalangan pelajar di Indonesia. Bagi kalangan masyarakat umum, @america berguna untuk sarana wisata pendidikan keluarga. Hal itu dapat diaplikasikan dalam bentuk pengenalan teknologi bagi anak-anak, selain itu dapat juga sebagai sarana untuk menambah wawasan dalam bidang lainnya. Sedangkan peranan bagi kalangan pelajar adalah sebagai ajang untuk mencari hiburan dan menambah pengetahuan. Mencari hiburan karena di @america selain memberi informasi mengenai Amerika Serikat, @america juga member hiburan seperti pertunjukkan film, musik dan juga pertunjukkan lainnya yang menghibur.

 2.5 APA PERAN YANG KALIAN DAPAT SETELAH BERKUNJUNG (PRIBADI)
Kunjungan ke @america mempunyai kesan yang tak terlupa. Ketika datang kami disambut dengan ramah. Kemudian setiap pengunjung  Pengunjung diperiksa melalui pintu tebal dalam barisan satu arah dan diperiksa dengan metal detektor sebanyak dua kali. Seluruh barang bawaan dan tas wajib dititipkan di loker tembus pandang sebelum memasuki ruang tunggu. Pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman ke dalam. Ketika didalam terdapat beberapa booth pelayanan di @america. Misalnya saja terdapat booth untuk bermain games, aula bioskop, booth google earth dan photobooth tentunya. Di @america saya mendapatkan beberapa manfaat, antara lain; menambah wawasan mengenai kebudayaan Amerika Serikat, dapat mengetahui perkembangan teknologi, dan dapat belajar bahasa Inggris walaupun hanya sekilas saja melalui film.

2.6 APA YANG KALIAN LAKUKAN UNTUK MEMAJUKAN GUNADARMA
Setelah berkunjung ke @america saya mempunyai ide untuk memajukan Universitas Gunadarma menjadi lebih baik lagi. Pertama, saya akan mendukung kegiatan kampus dalam mengadakan kegiatan-kegiatan menarik seperti yang dilaksanakan di @america.


Daftar Pustaka





TUGAS MAKALAH MANAJEMEN

BAB 1
PENDAHULUAN

@america adalah pusat kebudayaan America berteknologi tinggi yang pertama di dunia. @america berlokasi di pusat Central Business Districrt Sudirman di lantai 3 Pasific Place Mall. Untuk  memasuki gedung Pasific Place pengamanannya cukup di bilang ketat, karena kami harus melewati mesin detector dan tas kami pun ikut melewati mesin derector itu. Petugasnya pun sangat ramah kepada semua pengunjung yang dating. Di @america kita dapat bertanya jawab tentang America kepada e-guide yang sarat pengetahuan. Dan di tempat @america terdapat gambar-gambar bagus yang menarik untuk di lihat pengunjung. @america juga menawarkan serangkaian fasilitas termasuk Desk dan sebuah  Membership Counter.

1.2  RUMUSAN MAKALAH
Berdasarkan uraian di atas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Awal berdirinya @america ?
2.      Apa tujuan @america didirikan
3.      Fitur dan Fasilitas @america
4.      Apa peran bagi masyarakat yang berkunjung ketempat tersebut?
5.      Apa yang kalian dapat setelah berkunjung ketempat tersebut?
6.      Apa yang kalian lakukan untuk memajukan Universitas Gunadarma?

1.3  TUJUAN PEMBAHASAN
Di harapkan mahasiswa/I setelah berkunjung ke tempat tersebut dapat mengerti tentang amerika agar dapat menambah wawasan untuk mahasiswa/i setelah berkunjung ke tempat @america.


 BAB 2
PEMBAHASAN

2.1 AWAL BERDIRINYA @AMERICA
@america adalah pusat kebudayaan Amerika Serikat yang terletak di lantai 3 Pacific Place, SCBD, Jakarta. @america resmi didirikan pada Desember 2010 dengan tujuan mengenalkan Amerika Serikat melalui diskusi, pertunjukan budaya, debat, kompetisi, dan pameran. At America atau disebut dengan @america adalah pusat untuk mejelajahi dan mengeksplorasi Amerika Serikat (AS) serta mengungkapan pikiran dan gagasan tentang AS secara muktahir. Berlokasi di pusat Central Business District sudirman lantai 3 Pasific Place Mall. Buka 7 hari seminggu 13.00 WIB 21.00 WIB tidak di pungut biaya.

2.2 APA TUJUAN @AMERICA DIDIRIKAN
Tujuannya adalah untuk berkolaborasi dengan masyarakat Indonesia. Khususnya kaum muda dalam menciptakan dialog mengenai isu-isu yang penting bagi orang amerika dan Indonesia untuk mencapai tujuan ini. @america bekerja sama dengan individu-individu atau organisasi untuk membuat acarabersama-sama. @america menerima ide-ide program dan membuka kesempatan untuk bekerjasama dengan anda untuk menyelenggarakan berbagai acara dan program untuk membantu mencapai tujuan kami.

2.3 FITUR DAN FASILITAS @AMERICA
@america menawarkan kepada pengunjung berbagai bantuan untuk memperkaya kunjungannya, mulai dari platform multimedia hingga program tematik, serta para e-guide @america yang sarat dengan pengetahuan, termasuk di dalamnya information Desk dan sebuah Membership Counter. Selain itu, dengan serangkaian media yang interatif, @america memungkinkan pengunjung untuk mempelajari AS secara mendalam. Sebagai tambahan, para pengunjung dapat mengakses koleksi survei, kuis, permainan puzzle, dan prta dunia digital dengan google earth yang menggunakan layar besar melalui teknologi muktahir.

2.4 PERAN BAGI MASYARAKAT
@america mempunyai peranan yang cukup membantu bagi masyarakat khususnya kalangan pelajar di Indonesia. Bagi kalangan masyarakat umum, @america berguna untuk sarana wisata pendidikan keluarga. Hal itu dapat diaplikasikan dalam bentuk pengenalan teknologi bagi anak-anak, selain itu dapat juga sebagai sarana untuk menambah wawasan dalam bidang lainnya. Sedangkan peranan bagi kalangan pelajar adalah sebagai ajang untuk mencari hiburan dan menambah pengetahuan. Mencari hiburan karena di @america selain memberi informasi mengenai Amerika Serikat, @america juga member hiburan seperti pertunjukkan film, musik dan juga pertunjukkan lainnya yang menghibur.


2.5 APA PERAN YANG KALIAN DAPAT SETELAH BERKUNJUNG (PRIBADI)
Kunjungan ke @america mempunyai kesan yang tak terlupa. Ketika datang kami disambut dengan ramah. Kemudian setiap pengunjung  Pengunjung diperiksa melalui pintu tebal dalam barisan satu arah dan diperiksa dengan metal detektor sebanyak dua kali. Seluruh barang bawaan dan tas wajib dititipkan di loker tembus pandang sebelum memasuki ruang tunggu. Pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman ke dalam. Ketika didalam terdapat beberapa booth pelayanan di @america. Misalnya saja terdapat booth untuk bermain games, aula bioskop, booth google earth dan photobooth tentunya. Di @america saya mendapatkan beberapa manfaat, antara lain; menambah wawasan mengenai kebudayaan Amerika Serikat, dapat mengetahui perkembangan teknologi, dan dapat belajar bahasa Inggris walaupun hanya sekilas saja melalui film.

2.6 APA YANG KALIAN LAKUKAN UNTUK MEMAJUKAN GUNADARMA
Setelah berkunjung ke @america saya mempunyai ide untuk memajukan Universitas Gunadarma menjadi lebih baik lagi. Pertama, saya akan mendukung kegiatan kampus dalam mengadakan kegiatan-kegiatan menarik seperti yang dilaksanakan di @america.

Daftar Pustaka








Minggu, 21 Desember 2014

PENGANTAR MANAJEMEN


MANAJEMEN KONFLIK DALAM ORGANISASI
&
PERAN DAN TEKNIK PENGENDALIAN DALAM MANAJEMEN


1.      Pengertian manajemen konflik
2.      Perubahan pandangan tentang konflik
3.      Jenis-jenis konflik
4.      Metode-metode pengelolaan konflik
5.      Factor-faktor yang mepengaruhi konflik
6.      Metode penanganan konflik
7.      Konflik structural
8.      Konflik Lini dan Staf
9.      Kesimpulan
MANAJEMEN KONFLIK
Konflik organisasi adalah perbedaan pendapat antara dua atau lebih anggota organisasi atau kelompok, karena harus membagi sumberdaya yang langka, atau aktifitas kerja dan atau karena mereka mempunyai status, tujuan, penilaian atau pandangan yang berbeda.
Perbedaan antara konflik dengan persaingan (kompetisi) terletak pada apakah salah satu pihak dapat mencegah pihak lain dalam pencapaian tujuannya? *25 kompetisi terjadi, apabila tujua kedua belah pihak tidak sesuai, akan tetapi kedua belah pihak tidak dapat saling mengganggu. Sebagai contoh dua bagian pemasaran computer yang saling bersaing dalam satu organisasi, dimana kedua bagian tersebut siapakah yang pertama-tama mencapai atau memenuhi kuota penjualan yang paling banyak. Jika dalam hal ini tidak ada kemungkinan untuk mencampuri usaha pihak lain dalam mencapai tujuannya, maka terjadilah kompetisi, akan tetapi apabila ada kemungkinan untuk mencampuri itu dan memang dilakukan, terjadian konflik.
Sedang kerjasama (kooperasi) terjadi bila dua atau lebih pihak yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama *26. Ada kemungkinan konflik dan kerjasama berdampingan, lawan kerjasama ialah bukan konflik, tetapi tidak ada kerjasama. Sebagai contoh anda setuju pada suatu tujuan, tetapi anda tidak setuju dengan cara pencapaian tujuan tersebut. Manajemen konflik ( pengelolaan konflik) berarti bahwa para manajer harus berusaha menemukan cara untuk mengembangkan konflik dan koperasi.

PERUBAHAN PANDANGAN TENTANG KONFLIK

Sikap terhadap konflik demi organisasi telah mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Stephen P. Robbins telah meneliti evolusi ini dan menjelaskan tentang adanya perbedaan antara pandangan tradisional dengan pandangan interaksi. *27 konflik dapat fungsinal ataupun berperan salah (dysfunctional) secara sederhana bahwa konflik mempunyai potensi bagi pengembangan
atau pengagnggu pelaksanaan kegiatan organisasi tergantung kepada cara pengelolaannya. Segi fungsional konflik antara lain : 1) manajer menemukan cara penggunaan dana yang lebih baik; 2) lebih mempersatukan para anggota;3) menemukan cara perbaikan prestasi organisasi dan;4) penggantian manajer baru yang lebih cakap dan semangat
Dalam gambar diatas terdapat tingkat konflik fungsional optimal, dimana performance organisasi adalah maksimum. Bila konflik terlalu rendah, maka performance organisasidapat menghadapi stagnasi. Jika tingkat konflik terlalu tinggi, maka kekacauan dan perpecahan macam kehidupan organisasi.


Pandangan Lama dan Baru mengenai Konflik
( Old and Current Views of Conflict)
.1 Pandangan Lama
1.      Konflik dapat di hindarkan
2.      Konflik disebabkan oleh kesalah-kesalahan manajemen dalam perancangan dan pengelolaan organisasi atau oleh pengacau.
3.      Konflik menganggu organisasi dan menghalangi pelaksanaan optimal
4.      Tugas manajemen adalah menghilangkan konflik
5.      Pelaksanaan kegiatan organisasi yang optimal membutuhkan penghapusan konflik
2 Pandangan Baru
1.      Konflik tidak dapat dihindarkan
2.      yang tidak dapat dihindarkan, perbedaan dalam persepsi dan nilai-nilai pribadi dan sebagainya
3.      Konflik sangat membantu atau menghambat pelaksanaan kegiatan organisasi dalam berbagai drajat
4.      Tugas manajemen adalah mengelola tingkat konflik dan penyesuaian
5.      Pelaksanaan kegiatan organisasi yang optimal membutuhan tingkat konflik yang moderat


JENIS-JENIS KONFLIK
Ada lima jenis (tipe) konflik dalam kehidupan organisasi yaitu:
.1 Konflik didalam individu :
Konflik ini timbul apabila individu merasa bimbang terhadap pekerjaan mana Yang harus dilakukannya, bila berbagai permintaan pekerjaan saling bertentangan atau bila individu diharapkan untuk melakukan lebih dari kemampuannya.
2.Konflik antara individu dalam organisasi yang sama :
Konflik ini timbul akibat tekanan yang berhubungan dengan kedudukan atau perbedaan-perbedaan kepribadian.
3.Konflik antara individu dan kelompok :
Konflik ini berhubungan dengan cara individu menanggapi tekanan untuk keseragaman yang dipaksakan oleh kelompok kerja mereka, contohnya seseorang yang dihukum karena melanggar norma-norma kelompok.
4.Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama :

Adanya pertentangan kepentingan antar kelompok.
1.Konflik antar organisasi :
               Akibat adanya bentuk persaingan ekonomi dalam system perekonomian suatu negara. Konflik semacam ini diakui sebagai sarana untuk mengembangkan produk baru, teknologi, jasa-jasa, harga yang lebih rendah dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia secara lebih efisien.


METODE-METODE PENGELOLAAN KONFLIK
1.       Metode Simulasi Konflik
Metode ini di namakan untuk menimbulkan rangsangan karyawan,karena karyawan pasif yang disebabkan oleh situasi dimana konflik terlalu rendah. Rintangan semacam ini harus diatasi oleh manajer untuk merangsang konflik yang produktif.
Metode simulasi konflik meliputi: 1) pemasukan atau penempatan orang luar kedalam kelompok; 2) penyusunan kembali organisasi; 3) penawaran bonus, pembyaran intensif dan penghargaan untuk mendorong persaingan; 4) pemilihan manajer-manajer yang tepat, dan 5) perlakuan yang berbeda dengan kebiasaan.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONFLIK
 Faktor-faktor yang mempengaruhi Konflik Dapat dikelompokkan ke dalam dua kelompok besar yaitu faktor intern dan faktor ekstern.

1.  Faktor Intern
Kemantapan organisasi
Organisasi yang telah mantap lebih mampu menyesuaikan diri sehingga tidak mudah terlibat konflik dan mampu menyelesaikannya. Analoginya dalah seseorang yang matang mempunyai pandangan hidup luas, mengenal dan menghargai perbedaan nilai dan lain-lain.
·         Sistem nilai
Sistem nilai suatu organisasi ialah sekumpulan batasan yang meliputi landasan maksud dan cara berinteraksi suatu organisasi, apakah sesuatu itu baik, buruk, salah atau benar.
·         Tujuan
Tujuan suatu organisasi dapat menjadi dasar tingkah laku organisasi itu serta para anggotanya.
·         Sistem lain dalam organisasi
Seperti sistem komunikasi, sistem kepemimpinan, sistem pengambilan keputusan, sisitem imbalan dan lain-lain. Dalam hal sistem komunikasi misalnya ternyata persepsi dan penyampaian pesan bukanlah soal yang mudah.
2.       Faktor Ekstern
·         Keterbatasan sumber daya
Kelangkaan suatu hal yang dapat menumbuhkan persaingan dan seterusnya dapat berakhir menjadi konflik.
·         Kekaburan aturan/norma di masyarakat
Hal ini memperbesar peluang perbedaan persepsi dan pola bertindak. Derajat ketergantungan dengan pihak lain. Semakin tergantung satu pihak dengan pihak lain semakin mudah konflik terjadi.
·         Pola interaksi dengan pihak lain
Pola yang bebas memudahkan pemamparan dengan nilai-nilai ain sedangkan pola tertutup menimbulkan sikap kabur dan kesulitan penyesuaian diri.


METODE PENANGANAN KONFLIK
Metode ini di pusatkan pada tindakan paera manager yang dapat secara langsung mempengaruhi pihak-pihak yang bertentangan.
Ada tiga metode penyelesaian yang sering di gunakan yaitu:
1 Dominasi dan Penekanan
Meode ini dapat terjadi melalui cara-cara: 1) kekerasan (forcing) yang bersifat penekanan otokratik; 2) penenangan (smooling) yaitu cara yang lebih diplomatis; 3) penghindaran (avoidance) dimana manajer menghindar untuk mengambil posisi yang tegas;  4) penentuan melalui suara terbanyak (majority rule) mencoba untuk menyelesaikan konflik antar kelompok dengan melakukan pemungutan suara (volting) melalui prosedur yang adil.
2 Kompromi  (compromise)
Manager mencari jalan keluar yang dapat di terima oleh pihak-pihak yang saling berselisih untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. Keputusan di capai melalui kompromi bukannya membiarkan pihak-pihak yang berkonflik merasa tenggalam dalam frustasi dan bermusuhan. Akan tetapi kompromi merupakan metode yang lemahuntuk menyelesaikan konflik, karena biasanya tidak menghasilkan penyelesain yang dapat membantu untuktercapainya tujuan oranisasi. Bentuk-bentuk kompromi meliputi : pemisahan (separation), dimana pihak-pihak yang sedang bertentangan dipisahkan sampai mereka menyetujui : abitrasi (perwasitan), dimana pihak-pihak yang berkonflik tunduk kepada pihak ketiga ; kembali ke peraturan yang berlaku, penyelesaian berpedoman kepada peraturan (resort to rules) dimana kemacetan dikembalikan kepada pada etentuan yang tertulis yang berlaku dan membiarkan peraturan yang memutuskan penyelesaian konflik : penyuapan (bribing), dimana salah satu pihak menerima beberapa kompensasi sebagai imbalan untuk mengakhiri konflik.
3 Pemecahan masalah secara menyeluruh :
Dengan metode ini konflik antar kelompok di ubah menjadi situasi diamana kelompok-kelompok yang sedang berselisih bersama-sama berusaha mencari penyelesaian bagi masalah yang timbul yang dapat di terima di semua pihak. Hal ini manager perlu mendorong bawahannya, agar berkerja sama untuk mencapai tujuan bersama, melakukan pertukaran gagasan secara bebas, dan menekankan usaha-usaha pencarian penyelesain inegratif.
Ada tiga metode untuk menyelesaikan konflik, yaitu :
·         Konsensus, dimana pihak-pihak mengadakan pertemuan untuk mencari pemecahan-pemecahan terbaik, bukan mencari kemenangan bagi masing-masing pihak.
·         Metode Konfrontasi¸dimana pihak-pihak yang saling berhadapan menyatakan pandangannya secara langsung satu sama lain, dengan kepimpinan yang trampil dan kesediaan semua pihak untuk mendahulukan kepentingan bersama, kerap kali dapat ditemuakan penyelesaian yang rasional.
·         Penggunaan tujuan-tujuan yang lebih tinggi, dapat juga menjadi metode penyelesaian konflik bila tujuan tersebut disetujuin bersama.


KONFLIK SRTUKTURAL :

1.      Konflik Hirarki,
Konflik yang terjadi di berbagai tingkatan organisasi. Contoh konflik manajemen puncak dengan manajemen menengah, konflik atara manager dengan karyawan.
2.       Konflik Fungsional,
Konflik yang terjadi antar departemen fungsional organisasi. Contoh : konflik antar bagian produksi degan bagian pemasaran, bagian personaliadengan bagian produksi dan sebagainya.
3.      Konflik Linistaf,
Konflik yang terjadi antara lini dengan staf, karena ada perbedaan-perbedaan di antara keduanya.
4.      Konflik Formal informal,
 Konflik yang terjadi antara organisasi formal dan informal.

a.      KONFLIK LINI DAN STAF
Bentuk umum dari konflik organisai adalah konflik antara para anggota lini dan staf. Perbedaan ini memungkinkan para anggota lini dan staf untuk melaksanakan tugas mereka masing-masing secara efektif.
1.      Pandangan lini :
            Para anggota lini berpendapat bahwa para anggota staf mempunyai emapat keluarga :
1.      Staf melampaui wewenangnya
2.      Staf tidak memberikanadvis yang sehat
3.      Staf menumpang keberhasilan lini
4.      Staf mempunyai prespektif yang sempit

2.      Pandangan staf :

1.      Lini tidak mau meminta bantuan staf pada waktu yang tepat
2.      Lini menolak gagasan baru
3.      Memberi wewenang yang terlalu kecil kepada staf

3.      Penanggulangan konflik dan staf :

1.      Penegasan tentang tanggung jawabnya
2.      Pengintegrasian kegiatan-kegiatan
3.      Mengajarkan lini untuk menggunakan staf
4.      Mendapatkan pertanggungajawaban staf atas hasil-hasil

PERAN DAN TEKNIK PENGENDALIAN DALAM MANAJEMEN

1.      Pengertian pengendalian
2.      Jenis-jenis pengendalian
3.      Proses pengendalian
4.      Karakteristik pengendalian efektif
5.      Perancangan sistem pengendalian
6.      Pengendalian keuangan
7.      Metode pengendalian anggara
8.      Jenis-jenis anggaran

PENGERTIAN PENGENDALIAN
Pengendalian/Pengawasan adalah proses dalam menetapkan ukuran kinerja dan pengambilan tindakan yang dapat mendukung pencapaian hasil yang diharapkan sesuai dengan kinerja yang telah ditetapkan tersebut. (Schermerhorn,2002)
Pengendalian/Pengawasan adalah proses untuk memastikan bahwa segala aktifitas yang terlaksana sesuai dengan apa yang telah direncanakan. (Stoner,Freeman,&Gilbert,1995)
Pengendalian juga dapat diartikan yaitu bagian dari pengetahuan prilaku terapan (applied behavioral science) yaitu berbagai cara melakukan mengenai cara menjalankan dan mengendalikan perusahaaan atau organisasi yang dianggap baik. Yang dimaksud  dari “Dianggap baik” yaitu :
         Tolak ukur kinerja yang mencerminkan perusahaan / organisasi yang berjalan secara efisien, efektif dan produktif.
         Apresiasi kepada sumber daya yang dimiliki perusahaan organisasi.
Alasan  melakukan pengendalian/pengawasan adalah :
1. Kemungkinan adanya pelanggaran dalam pelaksanaan perencanaan.
2. Kemungkinan terjadinya kesalahfahaman pihak perencana dan pelaksana.
3. Kemungkinan kurangnya penjabaran pekerjaan.
4. Kemungkinan bawahan kurang menguasai pekerjaan.

Tujuan utama dari pengendalian adalah untuk mencegah adanya penyimpangan atau  setidaknya memperkecil kesalahan yang mungkin akan terjadi. Sehingga tujuan yang telah ditetapkan  dapat tercapai dengan baik.
Mekanisme  pengendalian/pengawasan secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Penetapan standar kegiatan
2. Menyusun umpan balik (feedback)
3. Pembandingan kegiatan dengan standar
4. Mengukur penyimpangan
5. Melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan
Jadi pengendalian dapat diartikan sebagai sebuah system yang terdiri dari beberapa subsistem yang saling berhubungan untuk membantu manajemen suatu organisasi/perusahaan untuk mencapai tujuannya melalaui strategi tertentu secara efisien dan efektif dan untuk mencegah adanya penyimpangan atau  setidaknya memperkecil kesalahan yang mungkin akan terjadi.

JENIS-JENIS PENGENDALIAN
1.Pengendalian Pendahuluan
Pengendalian ini memastikan bahwa sebelum kegiatan dimulai, maka sumber daya manusia, bahan dan modal yang diperlukan sudah dianggarkan sehingga bilaman kegiatan dilakukan, maka sumber daya tersebut tersedia, baik menyangkut jenis, kualitas, kuantitas, maupun sesuai dengan kebutuhan.
2. Pengendalian Bersamaan
Dalam hal ini, manajer melakukan fungsi pengarahan kepada pekerjaan bawahannya. Pengarahan yang dimaksud, yaitu melalui tindakan ketika mereka memberikan instruksi kepada bawahan dalam berbagai metode dan prosedur yang layak serta mengawasi pekerjaan bawahan untuk menjamin supaya pekerjaan dikerjakan dengan baik.
3. Pengendalian Umpan Balik
Sistem pengendalian umpan balik biasanya berfokus pada hasil-hasil akhir sebagai dasar perbaikan berbagai tindakan masa depan. Metode umpan balik yang dipakai dalam bisnis meliputi analisis laporan keuangan, pengendalian kualitas, dan evaluasi kinerja karyawan.

PROSES PENGENDALIAN
Menurut Robbins dan Coulters, proses pengendalian terdiri dari 4 aktifitas yaitu:
Penetapan tujuan (goal setting), pengukuran (measuring), membandingkan kinerja actual dengan standar kinerja (comparing actual permfomance against standard) dan tindakan manajerial (managerial action).
Penetapan tujuan diawali dengan adanya penetapan terlebih dahulu berbagai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan, strategi untuk mencapai tujuan tersebut sampai penentuan anggaran yang menunjukan rencana alokasi masing-masing sumber daya organisasi perusahaan dalam menunjang pencapaian tujuan.
Pengukuran merupakan penetapan satuan numeric terhadap suau objek yang di ukur. Aktifitas pengukuran menyangkut 2 hal :
1.      Pengukuran berkaitan dengan apa yang di ukur.
2.      Pengukuran berkaitan dengan bagaimana pengukuran dilakukan.

Membandingkan merupakan proses membandingkan kinerja actual dengan starndard kinerja dan berbagai tujuan yang telah ditetapkan tujuan maupun standard ditetapkan pada tahap perencanaan (planning).
Tindakan managerial langkah terakhir dari proses pengendalian adalah melakukan evaluasi terhadap kinerja yang dicapai organisasi secara keseluruan maupun pencapaian kinerja individu.

KARAKTERISTIK PENGENDALAIN YANG EFEKTIF
Ciri-ciri dari pengendalian yang efektif
• Proses berawal ketika director mencari informasi tentang aktivitas, director ini dapat berupa system informasi baik formal maupun informal, yang menyediakan informasi kepada pimpinan mengenai apa yang terjadi di dalam suatu aktifitas.
• Setelah informasi diperoleh , aktifitas yang terekam di dalamnya dibandingkan dengan   standart atau patokan berupa criteria mengenai apa yang seharusnya dilaksanakan dan seberapa jauh juga pembenaran.
• Proses perbaiakn dilaksanakan oleh efektir, sehingga penyimpangan-penyimpangan diubah agar kegiatan kembali mengikuti criteria yang telah ditetapkan.
• Begitulah propses pengendalian manajemen , dinamis dan berkelanjutan.

PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN
Tidak ada sistem yang baik dan buruk , yang ada adalah suatu desain system pasfit dengan lingkinagn bisnis yang dihadapi oleh organisasi. Suatu system dengan lingkunagn tempat system tersebut digunakan untuk menjadikan system tersebut efektif untuk menjalankan bisnis dilingkungan tersebut. Oleh karena itu mendesain system pengendalian manajemen, karakteristik lingkungan bisnis yang dimasuki oleh organisasi merupakan dasar untuk mendesain system tersebut. Pendekatan penyusunan system seperti itu disebut Contingency Approach.
Lingkungan bisnis ibarat suatu territorial, untuk menjelajahi diperlukan suatu peta. Peat yang menggambarkan lingkungan bisnis yang dihadapi oleh manajemen disebut paradigm the way we see the world. Paradigm tertentu kta memandang dunia yang dihadapi, dan denagn paradigma ini kita bersikap dan bertindak. Serta berdasarkan paradigma tersebut kita mendesain system suatu alat yang kita digunakan untuk mengorganisasikan berbagai sunber daya untuk mewujudkan system.
Setiap sistem terdiri dari dua bagian: struktur dan proses struktur.

PENGENDALIAN KEUANGAN
Laporan keuangan
Laporan keuangan digunakan untuk menelusuri nilai uang dari barang atau jasa yang masuk kedalam dan luar organisasi. Laporan memberikan sarana untuk memonitori tiga kondisi utama keuangan,yaitu:
1. Likuiditas yaitu kemampuan mengubah aktiva menjadi uang tunai agar dapat memenuhi    kebutuhan jangka pendek.
2. Kondisi umum keuangan yaitu keseimbangan jangka panjang antara utang fan kekayaan.
3. Profitabilitas yaitu kemampuan untuk mendapatkan laba secara kurun waktu yang panjang.

METODE PENGENDALIAN ANGGARAN
Anggaran adalah laporan kuantitatif formal mengenai sumber daya yang disisihkan untuk melaksanakan aktivitas yang telah direncanakan selama jangka waktu tertentu. Anggaran dapat dinyatakan dalam bentuk uang yang mudah digunakan dalam berbagai kegiatan aktivitas organisasi atau perusahaan. Aspek keuangan dari anggaran dapat memberikan informasi secara langsung mengenai modal dan laba. Anggaran juga dapat menetapkan standar prestasi kerja yang jelas dan tidak meragukan untuk jangka waktu tertentu.
Proses pembuatan anggaran dimulai ketika manajer menerima ramalan ekonomi serta pemnjualan penjualan dan laba untuk tahun mendatang dari manajemen puncak, bersama dengan jadwal kapan dengan pengukuran harus diselesaikan. Selama proses penjualan anggaran ketika sumber daya tang terbatas milik perusahaan dialokasikan, manajer mungkin merasa khawatir bawha mereka tidak mendapat bagian yg adil.

Berbagai macam anggaran
1. Anggaran operasi
Menunjukan barang dan jasa yang diperkirakan akan dkonsumsi oleh perusahaan selama periode anggaran .
2. Anggaran keuangan
Menyatakan secara rinci uang yang akan dikeluarkan oleh perusahaan selama periode yang sama dan darimana asal uang tersebut.

JENIS-JENIS ANGGARAN
1. Anggaran Penjualan
Anggaran penjualan merupakan suatu penentuan jumlah unit penjualan yang diperkirakan akan dijual di dalam suatu perusahaan untuk periode yang akan datang. Pada umumnya anggaran penjualan ini akan menyebutkan jumlah unit yang dijual serta harga jual per unit produk tersebut untuk masing-masing daerah penjualan yang ada. Dengan demikian, maka dari anggaran penjualan yang disusun tersebut akan dapat diketahui proyeksi penerimaan pendapatan perusahaan dari penjualan produk serta jumlah unit untuk masing-masing jenis produk yang dijual.
Untuk menyusun anggaran penjualan ini perlu disusun peramalah penjualan perusahaan dengan mempergunakan model yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi dari penjualan produk perusahaan. Beberapa model yang dapat dipergunakan untuk mengadakan penyusunan anggaran penjualan produk perusahaan ini antara lain model tren pangkat tunggal, tren pangkat dua, regresi, dan lain-lain.


2. Anggaran Produksi
Anggaran produksi dapat disusun setelah mengetahui berapa besar rencana penjualan untuk masing-masing produk. Rencana penjualan ini dapat dilihat dalam anggaran penjualan. Berdasarkan rencana penjualan yang telah tersusun tersebut serta dengan mempertimbangkan perubahan persediaan produk akhir yang ada , maka anggaran produksi akan dapat disusun.
Di dalam menyusun anggaran produksi bulanan, maka akan dikenal penerapan dari pola produksi yang ada di dalam perusahaan. Di dalam pemilihan pola produksi untuk perusahaan, maka manajeen selayaknya mempertimbangkan berbagai macam faktor yang berhubungan dengan biaya –biaya yang harus menjadi tanggungan perusahaan apabila perusahaan tersebut memilih salah satu dari pola produksi tersebut. Sebagaim mana diketahui, pola produksi ada tiga macam:
• Pola produksi konstan
Merupakan pola produksi di mana jumlah produksi dari bulan ke bulan adalah sama atau relatif sama, Walaupun terdapat perubahan penjualan produk perusahaan dari satu bulan dengan bulan yang lain.
• Pola produksi bergelombang
Merupakan pola produksi dimana jumlah produksi di setiap bulan mengalami perubahan sesuai dengan perubahan penjualan, sedangkan jumlah persediaan barang jadi adalah stabil atau tetap.
• Pola produksi moderat
Merupakan suatu pola produksi dimana jumlah produksi di setiap bulan selalu mengalami perubahan, namun perubahan ini tidak akan sebesar perubahan penjualan produk yang ada. Perubahan penjualan produk akan diserap secara bersama-sama di dalam perubahan jumlah produksi dan persediaan barang jadi. Manajemen perusahaan akan berusaha untuk mengadakan pemilihan pola produksi yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi dari perusahaan tersebut.
3. Anggaran Bahan Baku
Apabila anggaran produksi telah disusun, maka anggaran bahan baku telah dapat disusun pula. Penyusunan anggaran bahan baku akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama adalah mengidentifikasi tingkat penggunaan bahan baku atau yang disebut dengan material usage rate.
Apabila tingkat penggunaan bahan baku ini telah diketahui, maka dengan mempergunakan data anggaran produksi (dimana diketahui jumlah yang akan diproduksi selama satu periode) maka akan dapat disusun jumlah unit kebutuhan bahan baku untuk keperluan proses produksi. Setelah itu baru kemudian diperhitungkan besarnya jumlah unit kebutuhan bahan baku yang akan dibeli. Jumlah unit bahan baku yang akan dibeli akan sama dengan besarnya jumlah unit kebutuhan bahan baku untuk proses produksi ditambah atau dikurangi dengan selisih yang terjadi antara persediaan awal dengan rencana persediaan akhir dari bahan baku yang akan dipergunakan tersebut.
Apabila persediaan awal bahab baku ternyata lebih besar dari rencana persediaan akhir, maka besarnya pembelian bahan baku akan sama dengan kebutuhan bahan baku untuk proses produksi dikurangi dengan selisih persediaan awal dengan persediaan tersebut, begitu pula sebaliknya.
Dengan dasar kebutuhan bahan baku yang akan dibeli ini maka manajemen perusahaan akan dapat memperhitungkan berapa besarnya dana yang diperlukan di dalam pembelian bahan baku untuk keperluan proses produksi dalam perusahaan yang bersangkutan


4. Anggaran Tenaga Kerja Langsung
Tenaga kerja langsung adalah tenaga manusia yang bekerja langsung dalam pengolahan produk. Sedangkan tenaga kerja tak langsung adalah tenaga kerja manusia yang ikut membantu penyelesaian produk. Anggaran tenaga kerja langsung meliputi taksiran keperluan tenaga kerja yang diperlukan untuk memproduksi jenis dan berapa banya kuantitas produk yang direncanakan dalam anggaran produksi. Rumus yang digunakan untuk menyusun anggaran biaya tenaga kerja langsung (BTKL) atau biaya tenaga kerja langsung standar (BTKLSt) sebagai berikut : Anggaran BTKL = JKSt x TUSt atau P x BTKLSP
5. Anggaran Biaya Overhead Pabrik
Biaya Overhead Pabrik merupakan komponen ketiga di dalam penyusunan perhitungan besarnya harga pokok produksi. Biaya overhead pabrik terdiri dari seluruh biaya yang terjadi di dalam pabrik kecuali biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.
6. Anggaran Persediaan
Anggaran persediaan merupakan anggaran yang merencanakan secara terperinci berapa nilai persediaan pada periode yang akan datang. Pada perusahaan manufaktur persediaan yang ada terdiri dari 3 jenis, yakni persediaan material, persediaan barang setengah jadi, persediaan barang jadi.
7. Anggaran Biaya Non Produksi
Anggaran Biaya non Produksi merupakan sruktur terinci yang tidak termasuk dalam biaya-biaya produksi. Selain itu biaya non produksi ini hanya sebagai penunjang kegiatan produksi sehingga tidak akan mempengaruhi penjualan yang sudah dianggarkan dan kebutuhan persediaan.

8. Anggaran Pengeluaran Modal
Anggaran Pengeluaran Modal merupakan anggaran yang mengumpulkan laba sebanyak-banyaknya dengan mengeluarkan semua aktiva atau modal yang dimiliki. Oleh karena itu dalam anggaran ini harus sangat teliti dalam mengambil keputusan untuk menghindari kerugian yang sangat besar.
9. Anggaran Kas
Anggaran Kas merupakan anggaran yang sederhana menunjukkan saldo awal kas, ditambah kas masuk yang diantisipasi lebih, dikurangi pengeluaran kas yang diantisipasi, saldo kas lebih atau kurang maupun yang akan mungkin perlu dipinjam.
10. Anggaran Rugi-Laba
Anggaran Rugi-Laba merupakan hasil akhir dari semua anggaran operasional seperti penjualan, harga pokok penjalan, biaya komersil dan biaya adminstrasi dan keuangan diringkas dalam laporan laba-rugi dianggarkan.
11. Anggaran Neraca
Anggaran Neraca adalah neraca yang memberikan gambaran saldo akhir aktiva, utang, dan modal yang diantisipasi jika rencana yang dianggarkan terlaksana dengan baik.

12. Anggaran Perubahan Posisi Keuangan 
Anggaran Perubahan Posisi Keuangan adalah memuat mengenai rencana perubahan aktiva, utang, dan modal perusahaan selama periode yang dianggarkan untuk mengetahui posisi keuangan suatu perusahaan.