Kamis, 27 November 2014

PROPOSAL SEGMENTING, TARGETING, DAN POSTIONING (TUGAS 3)

ANALISIS PROPOSAL BISNIS (STP)


ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

A.TARGET DAN SEGMEN :
Memberikan kualitas yang  bagus dan hasil yang memuaskan selain itu juga menyediakan fasilitas-fasilitas lengkap yang tidak terdapat pada salon lainnya. Pangsa pasarnya adalah remaja, pelajar, mahasiwa dan orang dewasa.


B. STRATEGI PEMASARAN :
Strategi memasuki pasar merupakan timming dalam memasui pasar. Dalam beberapa kasus, persoalan kapan masuk ke pasar sangat menentukan kesuksesaan atau kegagalan pemasaran, di mana keterlambatan bisa berarti kegagalan.
Strategi memasuki pasar :
1.    First In Strategy ( Strategi masuk yang pertama)
Dalam strategi ini, perusahan berusaha menjadi pionir dengan jalan memasuki pasar pertama kali sebelum ada perusahaan lain melakukannya. Tujuannya adalah untuk meraih keunggulan dan kepemimpinan dalam persaingan, sehingga pesaing sukar menyamainya.
Persyaratan yang harus dipenuhi :
o      Adanya keinginan dan kemampuan utnuk mengambil resiko.
o      Memiliki kompetensi dalam tekhnologi
o      Perlu usaha dan perjuangan keras agar dapat tetap bertahan
sebagai pemimpin
o      Perlu usaha promosi yang gencar
o      Perusahan harus menciptakan permintaan primer (permintaan terhadap kategori produk)
o      Dibutuhkan evaluasi atas kekuatan perusahaan secara cermat
2.    Early Entry Strategy ( Strategi masuk awal)
Strategy ini dilaksanakan dengan memasuuki pasar segea setelah pelopor pasar memulainya. Kondisi ini sebenarnya bisa dikarenakan perusahaan bermaksut menjadi yang pertama, tetapi keduluan pesaing atau memang sengaja menunggu sampai ada yang meempeloporinya.Tujuannya adalah untuk mencegah agar pendatang pertama (pelopor pasar) jangan sampai dapat menciptakan posisi yang kuat dalam pasar.
3.    Leggard Market Entry Strategy ( Strategi masuk belakangan)
Strategi ini merupakan  strategi memasuki pasar dalam tahap pertumbuhan akhir atau dalam tahap kedewasaan dalam produk life cycle.
Manfaat yang diperoleh leggard adalah :
o   Tekhnologi mutakhir yang telah disempurnakan tersedia
o  Ada kemungkinan untuk mencapai skala ekonomis yang lebih besar.
o  Kemampuan untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan pemasok karyawan atau pelanggan
·         Kemampuan untuk menawarkan harga yang lebih rendah

C.  PRODUK YANG DI HASILKAN :
 KEUNGGULAN PRODUK YANG DI MILIKI SALON :
1. Kapasitas produksi bisa maksimal
2. Dapat menjangkau satu pasar tertentu
3. Perusahaan bisa menetapkan harga yang berbeda

KEGIATAN PEMASARAN DAN STRATEGI PROMOSI :
Strategi Promosi : Membuat Brosur, melakukan iklan pada majalah-majalah di universitas dan pada buku kenangan, selain itu juga bekerjasama dengan sekolah maupun universitas dalam pembagian brosur dan pemasangan poster untuk mengajak para konsumen menjadi member salon.
Kegiatan Pemasaran : Salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh
pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan usahanya
untuk mendapatkan laba dan keuntungan.

1.      Perencanaan Modal dan Manajemen Keuangan
Modal yang digunakan adalah modal 100% milik sendiri, usaha milik bersama yang sumbernya dari 2 orang dan modal pertama bisnis ini adalah sebesar Rp. 7.000.000 yang dibagi masing-masing oang Rp. 3.500.000  dan di gunakan untuk membeli :
1.      Peralatan
-          Alat kecantikan : Rp. 1.000.000
-          Kosmetik : Rp. 2.000.000
2.      Perlengkapan
-          Cermin dll : Rp. 500.000
3.      Biaya perawatan Rp. 100.000 /bulan
4.      Gaji 2 orang Rp. 700.000 /bulan
5.      Biaya listrik Rp. 150.000 /bulan
6.      Tambahan modal salon Rp. 500.000 /bulan
7.      Sewa gedung Rp. 250.000 /bulan

ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

                 A.   KONDISI / DAMPAK LINGKUNGAN KERJA DI SALON
Potensi bahaya di tempat kerja yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan :
1.      Potensi Bahaya Fisik
2.      Potensi Bahaya Kimia
3.      Potensi Bahaya Biologis
4.      Potensi Bahaya Fisiologis
5.      Potensi Bahay Psiko-sosial

B. Resiko Usaha Salon
1.      Persaingan Ketat antara salon yang lainnya
2.      Kerusakan alat-alat salon
3.      Kecelakan Kerja Salon







Slogan : “Salon kami memberi bukti bukan janji , bukti kecantikan natural dan elegan”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar